Image Hosting
12 TEMPAT WISATA FAVORIT ORANG IT

By ADy "EdiToR" Inbox on 9/04/2009 06:00:00 AM

Filed Under: , , , , , , ,


Sudah bukan rahasia lagi kalau kebanyakan penemuan atau pionir perusahaan TI, terutama di Amerika Serikat, dilakukan dalam garasi rumah atau kamar asrama. Karena itu, jangan heran kalau beberapa tempat dalam daftar berikut bukanlah berwujud gedung atau bangunan megah.
Ini dia, 12 tempat yang memegang peranan penting dalam sejarah komputer dunia (catatan: urutan tidak mencerminkan prioritas)


1. 367 Addison Ave., Palo Alto, California, USA
Lokasi yang ditasbihkan sebagai tempat kelahiran Silicon Valley oleh pemerintah negara bagian California pada tahun 1989. Garasi rumah ini merupakan lokasi Bill Hewlett dan Dave Packard mengembangkan produk pertama mereka: osilator audio Model 200A, lebih dari 70 tahun yang lalu.




2. 2066 Crist Dr., Los Altos, California, USA
Lokasi rumah tempat Steve Jobs dan Steve Wozniak merintis perusahaan Apple Computer pada tahun 1976.




3. 232 Santa Margarita Ave., Menlo Park, California, USA
Tempat terakhir yang berlokasi di wilayah Silicon Valley. Garasi rumah sewaan, tempat duo Larry Page dan Sergey Brin melakukan riset sekaligus mengembangkan mesin pencari Google.




4. CERN -- Jenewa, Swiss
Laboratorium dan pusat penelitian nuklir, tetapi merupakan tempat lahirnya World Wide Web. Tahun 1990, fisikawan, Tim Berners-Lee, dan perancang sistem, Robert Cailliau, pertama kali mendesain konsep sistem informasi berbasis tautan hiperteks (hypertext links) yang saat itu mereka sebut "Mesh".




5. Bletchley Park -- Bletchley Town, Inggris
Lokasi Britain's National Museum of Computing, tempat dipamerkannya mesin Colossus. Salah satu komputer biner elektronis pertama yang bisa diprogram untuk meretas kode rahasia, digunakan tentara Inggris selama Perang Dunia II dalam membongkar pesan-pesan rahasia Nazi.





6. Xerox PARC -- Palo Alto, California, USA
Induk dari banyak penemuan penting di dunia TI. Antarmuka grafis (GUI) pertama dibuat di sini, kabel ethernet pun pertama kali disambungkan di tempat ini. Printer laser? Editor teks bersifat WYSIWYG? Adobe Systems? Ubiquitous computing? Seluruhnya ditemukan di Xerox Palo Alto Research Center ini.




7. Ames Lab, Iowa State University -- Ames, Iowa, USA
Laboratorium pengembangan salah satu pionir komputer digital di dunia. Atanasoff Berry Computer (ABC) adalah mesin pertama yang mampu mengintegrasikan aritmatika biner, memori regeneratif, dan sirkuit logis.




8. Moore School of Engineering, Univ. of Pennsylvania -- Philadelphia, USA
Tempat lahirnya ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer), nama yang lebih ngetop menjadi jawaban pertanyaan "Apakah komputer pertama di dunia?". Dibuat oleh John Mauchly dan J. Presper Eckert.





9. IBM's "Main Plant" -- Poughkeepsie, N.Y.
Di pabrik inilah IBM melakukan proses perancangan, produksi, dan peluncuran produk-produk komputer mainframe-nya. Salah satunya adalah IBM 701. Tahun 1953 yang lalu, komputer ini digadang-gadang sebagai komputer berkecepatan tinggi yang paling canggih dan paling fleksibel di dunia.





10. Room 2713, Dobie Hall, University of Texas -- Austin, Texas
Kamar asrama yang ditempati Michael Dell saat pertama kali menjual komputer buatannya lewat perantara surat pada tahun 1984.




11. Kirkland House, Harvard Univ. -- Cambridge, Massachusetts, USA
Sebuah kamar di lantai tiga Kirkland House menjadi saksi bisu usaha Mark Zuckerberg, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes dalam merancang jejaring sosial Facebook pada tahun 2004.




12. Lyman Residence Hall, Stanford Univ. -- Stanford, California, USA
Di asrama Lyman ini, Larry Page pernah menghuni sebuah kamar tempat munculnya inspirasi untuk membuat mesin pencari Google. Bersama Sergey Brin, mereka mematangkan ide di kamar tersebut sebelum akhirnya pindah ke garasi rumah Susan Wojcicki (baca no. 3).



Sumber:http://nemoto911.blogspot.com/2009/08/10-tempat-wisata-favorit-bagi-orang-it.html



0 komentar for this post

Posting Komentar

Sponsored ADs

Do You Want To Subscribe...??

I heart FeedBurnerAdd to Google Reader or HomepageAdd to My AOLAdd to netvibesSubscribe in BloglinesAdd to The Free DictionaryAdd to PageflakesSubscribe in podnovaAdd to PlusmoAdd to WebwagAdd to Excite MIX